Apa Itu WordPress

Apa Itu WordPress? & Bagaimana Penggunaannya

Dalam belajar WordPress ada baiknya jika anda benar-benar mengenal tentang apa itu WordPress. Seperti apa asal mula atau sejarah adanya WordPress dan untuk apa penggunaannya. Walaupun mungkin anda sudah memakainya pada salah satu atau beberapa proyek situs anda, tidak menjamin bahwa anda sudah mengenal semua tentang WordPress bukan?

Pernahkan terlintas di benak anda sebuah pertanyaan semacam, apa itu WordPress? Jika pernah, mungkin pembahasan kali ini akan membuka wawasan anda dan semoga bisa membuat anda lebih mengenal WordPress lebih jauh. Mulai dari pengertian dan pengenalan tentang WordPress, sejarah, hingga penggunaannya.

  1. 0.1.0 Tentang CMS WordPress
  2. 0.2.0 Sejarah WordPress
  3. 0.3.0 Penggunaan WordPress
    1. 0.3.1 Jenis Web Yang Bisa Dibuat Menggunakan WordPress
    2. 0.3.2 Siapa Saja Yang Menggunakan WordPress

Tentang CMS WordPress

WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang terpopuler dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hingga saat ini sudah lebih dari 33% website dibuat di WordPress dan sepertinya prosentase ini masih akan terus meningkat!

Baca Juga: Popularitas WordPress Sebagai CMS Yang Terbanyak Dipakai

CMS (Content Management System) atau sistem manajemen konten adalah aplikasi web yang memungkinkan andministrator, editor, dan author untuk mengelola dan menerbitkan konten websitenya tanpa harus mahir koding dan menguasai pemrograman backend terlebih dulu.

Konten halaman sebuah website bisa saja dibuat secara manual dengan membuat file html. Tetapi akan terlalu melelahkan dan memakan banyak space tentunya jika situs web dengan ratusan bahkan ribuan posting yang semuanya dibuat secara manual dengan menulis ulang setiap kode dan elemen halamannya.

Disinilah manfaat penggunaan CMS, elemen-elemen yang sama misalnya kode meta dalam head, kemudian elemen header, yang biasanya berisi navigasi, elemen sidebar, dan juga elemen footer, semuanya tidak perlu ditulis ulang setiap kali membuat posting atau halaman baru. Semua itu tersimpan dalam bentuk template atau theme yang terintegrasi dengan CMS yang digunakan.

WordPress sebagai salah satu CMS bisa dibilang sangat ramah pengguna (user friendly). Bahkan seorang pemula pun bisa membuat website yang bagus dan berkualitas hanya dengan menggunakan WordPress. Kemudahan ini dikarenakan fleksibilitas dan dukungan banyaknya plugin serta theme gratis yang dikembangkan secara opensource.

Aplikasi web yang satu ini merupakan mesin untuk sebuah website dinamis yang dikembangkan secara terbuka. Bahasa program yang digunakan untuk menjalankan WordPress adalah php yang terintegrasi dengan database MySQL.

Dukungan untuk permasalahan seputar WordPress, hingga optimasi keamanan dan kompatibilitas terhadap teknologi web modern tidak perlu diragukan lagi. Jutaan orang di seluruh dunia turut mengembangkan dan menggunakannya. Jadi anda bisa dengan mudah menemukan komunitas untuk berbagi dan mencari solusi seputar pengembangan WordPress.

Baca Juga: 12 Diantara Kelebihan WordPress Yang Wajib Dipertimbangkan

Sejarah WordPress

Dulu ada sebuah perangkat lunak blogging dengan nama b2/cafelog, dirilis dengan versi 0.6 pada tahun 2001. Software ini dikembangkan oleh seorang programmer dari Perancis bernama Michel Valdrighi. Dia mengerjakan versi 1.0 dari b2/cafelog ini sepanjang tahun 2002. Namun pada bulan Desember tahun itu dia menghilang, dan ini mengejutkan komunitas penggunanya.

Pada waktu itu b2/cafelog sudah memiliki basis pengguna yang cukup besar, lalu apa jadinya jika pengembangnya hilang tanpa kabar, bagaimana kelanjutan software blogging ini kedepannya? Kekhawatiran inilah yang juga dirasakan oleh Matt Mullenweg sebagai salah satu penggunanya.

Berangkat dari situ akhirnya pada Januari 2003 Matt Mullenweg mengembangkan ide untuk menciptakan platform baru yang mengadopsi dan mengintegrasikan hal-hal keren yang ada pada b2/cafelog, dengan menghadirkan lebih banyak lagi fitur-fitur tambahan.

Dalam proyeknya Matt Mullenweg dapat menggunakan kode sumber dari b2/cafelog, karena diterbitkan dibawah lisensi GNU GPL. Dia memposting ide proyek barunya itu di blog pribadinya, sehingga menarik minat Mike Little untuk ikut dalam proyek tersebut. Proyek inilah yang pada akhirnya menjadi awal terlahirnya WordPress.

Michel Valdrighi muncul kembali pada Mei 2003 . Dia menjelaskan bahwa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik baginya. “Saya masih menganggur… Ini adalah penyebab banyak masalah dalam kehidupan pribadi saya” ungkap Valdrighi.

Dia juga membuat pengumuman besar tentang b2/cafelog, “Matt Mullenweg dan Mike Little memimpin cabang WordPress baru b2, yang akan menjadi cabang resmi baru setelah mereka mendapatkan rilis. Jika Anda ingin membantu dengan WordPress, jangan ragu untuk menghubungi mereka! ” seperti itu yang dijelaskan Valdrighi.

Pada akhir Mei, versi pertama WordPress (versi 0.7) dirilis sebagai pengganti langsung dari b2/cafelog versi 0.6, Michel Valdrighi juga turut berperan sebagai bagian dari tim pengembangan WordPress hingga 2005. Selain WordPress b2/cafelog juga memiliki cabang lain yang masih aktif bernama b2 evolution.

Sejak dirilisnya WordPress pada tahun 2003, Matt Mullenweg dan Mike Little bekerja keras untuk mengembangkan dan menambahkan fitur-fitur dan membuat tampilan yang menarik. Akhirnya WordPress semakin terkenal dan populer berkat dukungan komunitas pengembang perangkat lunak untuk blog.

Penggunaan WordPress

Selain daripada perangkat lunak untuk blog, dalam perjalanannya WordPress berkembang menjadi aplikasi web yang multifungsi. Kami benar-benar menyukai fleksibilitasnya dalam penggunaan dan fiturnya. Berkat plugin dan theme yang mendukung kita bisa membuat berbagai macam jenis situs hanya dengan menggunakan WordPress.

Jenis Web Yang Bisa Dibuat Menggunakan WordPress

Fleksibilitas yang kami maksud bahwa CMS ini tidak sekedar bisa dipakai untuk membuat dan mengelola blog. Misalnya dengan plugin bbpress, dia akan berubah menjadi mesin forum, dengan plugin buddypress, dia bisa berubah menjadi media sosial. Tidak hanya itu, membuat web toko online pun bisa dengan mudah dilakukan dengan plugin ecommerce yang banyak tersedia di WordPress.

Itu hanya beberapa dari sekian banyak jenis-jenis website yang bisa dikembangkan dari sebuah CMS terbaik ini.

Siapa Saja Yang Menggunakan WordPress

Tidak hanya blogger dan penulis jurnal pribadi saja yang menggunakan WordPress sebagai pembangun situsnya. Mulai dari web kecil hingga situs perusahaan besar, mulai pengguna pribadi hingga website pemerintahan, mulai dari pemula hingga pakar webmaster, tidak terhitung jumlahnya berapa pengguna WordPress.

Setiap harinya ada jutaan artikel dan posting blog yang diterbitkan dari dasbor WordPress. Ada banyak sekali weblog & website dibangun dan dijalankan diatas WordPress. Seberapa banyak? Seperti kami sebutkan di atas tadi, 33% dari seluruh situs yang ada di internet, bahkan lebih.

Mungkin tanpa anda sadari situs-situs yang sering anda kunjungi juga dibuat dengan WordPress. Beberapa dari situs ternama yang menggunakan WordPress bisa anda lihat di sini: Notable WordPress Users.

Mungkin sekian dulu ulasan kami pada kesempatan ini, silakan menanggapi dan menambahkan yang kurang dari penjelasan kami tentang apa itu wordpress dan penggunaannya.

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Jejak

2 + 5 =
Data yang dikirimkan melalui formulir komentar ini dilindungi Kebijakan Privasi dan diatur Ketentuan Layanan kami.