Gratis Domain & Hosting Gratis

Domain & Hosting Gratis Untuk WordPress

Sebelum mulai belajar membuat website dengan WordPress self-hosted diperlukan domain dan hosting. Belajar WordPress akan jauh lebih mudah dengan mempraktekkan sekalian.

Bagaimana jika saya belum punya domain dan hosting untuk WordPress?

Untuk memiliki sebuah domain berikut layanan hostingnya, anda bisa mencari referensi. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan, cari yang murah dan layanannya prima.

Karena kali ini untuk pemula yang masih dalam tahap belajar, kami rekomendasikan layanan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Sebentar lagi anda akan mendapatkan domain sekaligus hosting gratis dan siap membuat WordPress. Ikuti panduan berikut ini untuk mendaftarkan domain dan hosting yang benar-benar gratis.

Cara Mendapatkan Domain Gratis

Kali ini kita akan mendaftar dan memesan domain gratis di Freenom. Mungkin anda sudah tahu bahwa freenom memberikan layanan domain gratis dan berbayar. Domain gratisnya ada 5 ekstensi (tld) yatu .TK, .ML, .GA, .CF, dan .GQ. Saat mencari domain, pilih salah satu hasil pencarian yang selain .TK.

Karena kita akan menggunakan layanan hosting gratis yang tidak mendukung penggunaan domain dot.TK.

Tetapi ada sedikit informasi bahwa Freenom memblokir user dari Indonesia untuk layanan domain gratisnya. Karena itu kita membutuhkan sedikit trik untuk bisa mendapatkan domain gratis ini.

Jika anda sudah punya akun freenom juga bisa digunakan login pada saat checkout. Namun disarankan untuk membuat akun baru dengan email baru untuk mendaftar domain gratis dari freenom.

Untuk menyiasati ip pengunjung Indonesia yang diblokir dari layanan domain gratis, kita memerlukan VPN. Cara yang paling mudah jika melalui desktop gunakan peramban opera, karena opera sudah dilengkapi vpn bawaan yang siap pakai. Tapi anda juga bisa mendaftar domain freenom melalui browser android dengan menggunakan aplikasi VPN.

Sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya untuk mendapatkan hosting gratis sebagai media belajar WordPress, periksa konfigurasi domain anda. Saat mendaftar dan checkout di freenom anda dapat mengarahkan DNS nya langsung.

Ini untuk mempercepat aktifnya domain karena proses propagasi menggunakan NS record biasanya lebih lama daripada A record. Jadi Nameserver disiapkan terlebih dahulu sebelum membuat akun hostingnya.

Sebagai contoh, di sini kami membuat domain belajarwordpress.ml

Atau masuk client area freenom, buka services > my domains.

Client Area Freenom

Klik manage domain pada domain yang dipilih.

Manage Domain Yang Dipilih

Pada dropdown Management Tools, pilih Nameservers.

Manage Tools Nameservers

Pilih Use custom nameservers (enter below). Kemudian masukkan Nameserver 1: ns1.kafehosting.web.id dan Nameserver 2: ns2.kafehosting.web.id.

Masukkan Nameserver

Setelah dipastikan nameservernya sudah disetting dengan benar, maka nanti website untuk belajar wordpress akan langsung aktif ketika menyelesaikan tahap berikutnya (membuat akun hosting gratis).

Cara Mendapatkan Hosting Gratis

Banyak layanan hosting yang dapat anda gunakan sebagai media belajar WordPress gratis. Kali ini kita membuat akun hosting di www.kafehosting.web.id sesuai nameserver domain tadi, silakan buat akun di sini.

Setelah membuat akun dan memverivikiasi email, anda akan menerima email tentang Hosting Activation. Email ini berisi informasi username dan password client area (cPanel) dan FTP. Dengan informasi tersebut anda bisa login ke cPanel.

Setelah masuk, cari menu Addon Domains.

Addon Domains

Tambahkan domain yang sudah diksetting tadi. Klik Add Domain.

Add Domain

Setelah berhasil, domain ini sudah dapat dibuka melalui browser. Anda dapat menginstall dan menjalankan WordPress pada domain tersebut. Lihat panduannya di sini: Panduan Instalasi WordPress Menggunakan Softaculous.

Sangkalan

Kami merekomendasikan layanan domain gratis dan hosting gratis dengan kebijakan dan ketentuan penyedia layanan. Adanya permasalahan yang terjadi di kemudian hari akibat ketidaksesuaian dengan yang telah ditetapkan penyedia layanan bukan tanggungjawab kami.

Karena itu gunakan layanan gratis apapun itu dengan bijak dan sesuai ketentuan yang diberlakukan. Di sini kami merekomendasikan layanan tersebut di atas hanya untuk praktik belajar WordPress.

Apabila anda berniat membuat situs web untuk keperluan bisnis atau kebutuhan penting lainnya, kami sarankan menggunakan domain dan hosting berbayar dari penyedia yang terpercaya.


2 Tanggapan

  1. Wah ini jangan – jangan sama ya dengan kafehosting ?
    domainnya mirip. hahahaha.
    Btw emang untuk pemula, bagus untuk coba wordpress, dengan hosting dan domain gratis.
    Bila sudah mengenal dengan wordpress, baru dah beralih ke versi premiumnya.

Tinggalkan Jejak

2 + 6 =
Data yang dikirimkan melalui formulir komentar ini dilindungi Kebijakan Privasi dan diatur Ketentuan Layanan kami.