Popularitas WordPress

Popularitas WordPress

Seperti yang anda ketahui, artikel dan informasi tentang WordPress yang bertebaran di jagad maya tidaklah terhitung jumlahnya. Ini salah satu gambaran yang menunjukkan bahwa sedemikian banyaknya pengguna yang sekaligus juga merekomendasikannya.

Tak bisa dipungkiri bahwa memiliki sebuah website sudah menjadi kebutuhan, apalagi bagi para pelaku bisnis online. Dan tujuan adanya website adalah untuk memperkenalkan produk atau informasi ke seluruh dunia (pemasaran).

Informasi atau data yang diinput sebagai konten inilah yang pada akhirnya akan ditampilkan pada website. Dalam mengelola konten tersebut diperlukan adanya sebuah CMS (Content Management System). Atau bisa dibilang aplikasi untuk membangun halaman web, baik itu statis maupun dinamis seperti WordPress.

CMS Terpopuler

Ada beberapa CMS yang populer dan banyak dipakai dalam membangung sebuah situs web. Beberapa diantaranya seperti WordPress, Drupal, dan Joomla. Namun dalam pembahasan kali ini kafeWP tidak membandingkan tingkat popularitas dari beberapa CMS tersebut. Kita akan mengulas tentang WordPress, seberapa populerkah CMS yang satu ini?

Dalam menentukan kepopuleran WordPress, ada 2 indikator utama yang dapat dipakai sebagai acuan. Yaitu seberapa banyak website yang dibangun dengan WordPress, dan siapa saja yang menggunakan WordPress.

Seberapa Banyak WordPress Digunakan

WordPress mengisi 33% dari internet

Kurang lebih 33% website yang ada di dunia dibuat memakai CMS WordPress. Berarti ada ribuan situs dan jutaan konten dipublikasikan dengan WordPress sebagai sistem management kontennya.

Siapa Saja Pengguna WordPress?

Pengguna WordPress yang tak terhitung jumlahnya terdiri dari berbagai user di dunia. Dari situs kecil hingga situs besar, dari pengguna yang masih belajar hingga profesional, banyak sekali yang memakainya.

Kalau biasanya sesuatu yang berbayar dan yang gratis sebanding dengan penggunanya. Katakanlah layanan berbayar, biasa digunakan perusahaan atau instansi pemerintahan. Sedangkan yang gratis banyak didominasi pengguna personal atau berskala kecil dan pemula.

Tapi ini tidak berlaku pada WordPress (khususnya yang self-hosted / WordPress.Org). Walaupun benar-benar gratis, tetapi digunakan oleh berbagai kalangan. Dari blog pribadi hingga situs web perusahaan besar (berskala internasional) dan situs pemerintahan banyak yang menggunakannya.

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Jejak

0 + 7 =
Data yang dikirimkan melalui formulir komentar ini dilindungi Kebijakan Privasi dan diatur Ketentuan Layanan kami.